KIP KULIAH (Keutamaan dan Faedahnya)

KIP KULIAH (Keutamaan dan Faedahnya)
Jumat, 16 Oktober 2020

 

ULASAN TENTANG  KIP KULIAH

Ingin melanjutkan kulliyah tapi terkendala biaya, atau khawatir melanjutkan pendidikan karna orang tua tidak mampu, jangan bersedih jangan berduka, jangan berkecil hati dan jangan patah semangat karna  semua orang berhak mendapatkan Pendidikan menggantungkan cita cita setinggi angkasa menebarkan sayap seluas samudra untuk meraih masa depan yang lebih hebat. Pemerintah Republik Indonesia sudah menyiapkan bantuan biaya dalam  bentuk kartu yang disebut dengan Kartu Indonesia Pintar  Kuliah atau yang di sebut dengan KIP Kuliah. Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah bantuan yang diberikan Pemerintah Indonesia untuk membantu membebaskan biaya kuliah dan juga akan diberikan uang bulanan yang diperuntukkan bagi siswa dan siswi lulusan SMA, SMK, MA dan sederajat dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam meraih masa depan yang lebih gemilang dan mampu mencetak generasi generasi berkualitas serta mampu berkontribusi untuk kemajuan Bangsa Negara dan keluarga. Oleh karna persiapkan syarat syaratnya dari sekarang karna program ini rutin diadakan tiap tahun.

KIP KULIAH

SYARAT SYARAT MENDAPATKAN KIP KULIAH

Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/SMK dan sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau yang sudah lulus dua tahun sebelumnya. Artinya bantuan ini juga diperuntukkan bagi anak anak sekolah menengah atas yang sudah lulus 2 tahun setelah  tahun kelulusanya dan sudah menempuh jenjang pendidikan perkuliahanya dan juga diberikan kepada penerima Bidik Misi on going sampai selesai masa studinya.

Penerima KIP Kuliah ini adalah anak anak yang berprestasi tapi tekendala biaya untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, anak anak yang latar belakang ekonominya kurang mampu yang dibuktikian dengan adanya dokumen dokumen yang sah seperti KIP atau berasal dari keluarga Program Keluarga Harapan (PKH) atau pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta Mahasiswa dari Panti Sosial atau Panti Asuhan. Disaat mahasiswa belum memiliki KIP Orang Tua/Wali belum memiliki KKS maka tetap dapat  mendaftar KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara Ekonomi sesuai dengan ketentuan yang dibuktikan dengan pendaptan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) atau pendapatan kotor wali di bagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupaiah). 

Banyak sekali anak anak  yang potensi akademiknya bagus tapi keberadaan orang tua dan ekonominya tidak mendukung dalam mengenyam pendidikan selanjutnya. Setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan dan KIP Kuliah ini akan memberikan jaminan untuk pendidikan Perguran Tinggi dengan membebaskan biaya kuliah, selain itu akan diberikan uang bulanan untuk memenuhi dan mendukung kebeutuhan kebutuhan selama menmpuh pendidikan. Dengan adanya KIP Kuliah ini akan mendorong dan mendongkrak Sumber Daya Manusia yang lebih unggul dan dapat menciptakan perubahan perubahan yang bisa berdampak sebagai imbal balik untuk kemajuan Bangsa dan Negara.

Syarat  selanjutnya adalah lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru  dan di terima pada Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Suasta  pada prodi Akreditasi A atau B serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Akreditasi C. Nah teman teman, pada syarat yang ketiga ini teman teman harus lulus dulu nih pada saat Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri maopun suasta dan teman teman harus mamapu untuk masuk pada jurusan atau prodi yang memiliki Akreditasi A atau B karna nantinya penerima KIP Kuliah ini akan ditetapkan oleh PUSLAPDIK setelah teman teman melakukan Registrasi di Prguruan Tinggi

KEUTAMAAN DAN CARA DAFTAR KIP KULIAH 

Keutamaan yang bisa di dapatkan oleh penerima kartu KIP Kulih adalah sebagai berikut

Pembebasan biaya pendaftaran Seleksi Masuk Pergurun Tinggi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan seleksi lain yang di usulkan oleh masing masing Panitia dan Perguruan Tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan  Sosial (DTKS) Kementrian Sosial (Kemensos)

Pembebasan biaya kuliah yang dibayarkan langsung keperguruan tinggi

Bantuan biaya hidup sebesar Rp.700.000 perbulan

Disamping itu ada juga nih jangka waktu penerimaan KIP Kuliah 

Program Reguler

Sarjana maksimal 8 semester

Diploma Empat maksimal 8 semeter

Diploma Tiga maksimal 6 semester

Diploa Dua maksimal 4 semester

Diploma Satu maksimal 2 semester

Dan untuk Program Profesi

Profesi Dokter maksimal 4 Semester

Dokter Gigi 4 maksimal 4 Semester

Dokter Hewan maksimal 4 Semester

Ners maksimal 2 Semester

Apoteker maksimal 2 Semester

Guru maksimal 2 Semester

Tahapan Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

Untuk Pendaftaranya dapat teman teman lakukan secara mandiri di laman kip-kuliah.kemdigbud.go.id. atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat teman teman proleh atau di unduh melalui Playstore. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat E-mail yang akif, system KIP Kuliah selanjutnya melakukan Validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. Jika proses validasi berhasil System KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan nomer pendaftaran  dan kode akses ke alamat E-mail yang di daftarkan. Setelah itu siswa menyelesaikan proses pendaftaran diportal atau system informasi sesuai jalur seleksi yang di pilih pada Seleksi Nasional atau pada seleksi masuk di Perguruan Tinggi. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguran Tinggi dapat dilakukan Verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa peneriam KIP Kuliah.

Bagi teman teman dan rekan rekan yang sudah memenuhi syarat syarat dan criteria di atas bisa langsung apply nanti disaat KIP Kuliah sudah mulai di buka.


Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "KIP KULIAH (Keutamaan dan Faedahnya)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020