MEMUPUK ASA DENGAN BEASISWA LPDP

MEMUPUK ASA DENGAN BEASISWA LPDP
Senin, 12 Oktober 2020


Apa itu Beasiswa LPDP

MEMUPUK ASA DENGAN BEASISWA LPDP

Anda pernah dengar LPDP? ,, anda sudah pernah mendaftar ! atau anda juga  tahu dong LPDP itu apa ? Setelah lama ditunggu dan dinanti nanti ahirnya hadir kembali beasiswa pemerintah LPDP tahun 2020. Tidak seperti tahun tahun sebelumnya LPDP menyediakan banyak ragam beasiswa seperti Beasiswa Affrimasi, Beasiswa Indonesia Timur, beasiswa Santri, beaiswa Bidik Misi dan masih banyak lagi jenis jenis beasiwa lainya. Akan tetapi  pada tahun ini seiring dengan keadaan Negara dan Dunia lagi dilanda penademi, maka untuk tahun ini LPDP hanya membuka  dua jenis beasiswa yaitu beasiswa untuk Peguruan Tinggi Utama Dunia dan beasiswa untuk Pendidikan. selain itu waktu pendaftranya juga terbilang sangat  terbatas dan ditambah lagi dengan persayaratan yang mengharuskan pelamar mencantumkan LOA untuk kedua jenis beasiswa ini. 

Beasiswa LPDP adalah program beasiwa yang di siapkan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementrian Keuangan untuk menghasilkan lulusan lulusan yang berkompten di bidangnya dan manghasilkan generasi generasi yang profesinal, memiliki karakter kepemimpinan sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih hebat dan berdaya saing tinggi. Program beasiswa LPDP hadir untuk memberikan solusi bagi mereka yang breprestasi dan membawa harum nama Indonesia secara Nasional maopun Internasional, akan tetapi meraka tidak mampu  melanjutkan kejenjang lebih tinggi karena  berasal dari keluraga tidak mampu dan termasuk mereka yang lulus dari bidiik misi dan memiliki tekad kuat  untuk bangkit menggapai cita cita mereka. 

Pendidikan dan pembangunan yang masih belum merata di semua sector dan semua wilayah kehidupan di Indonesia yang sebabkan oleh sumber daya manusia yang masih kurang memadai dan masih banyaknya guru guru yang masih belum berkompeten membuat LPDP menjadi salah satu pilihan bijak untuk mengatai semua permasalah permaslahan itu. LPDP sudah menyiapakan perguruan perguran tinggi terbaik di dalam dan luar negeri dengan keanekaragaman jurusan dan program study yang sesuai dengan pilihan pilihan bagi pelamar beasiswa.

BEASISWA LPDP 2020 

BEASISWA PERGURUAN TINGGI UTAMA DUNIA

Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia adalah beasiswa yang di peruntukkan bagi warga Indonesia yang sudah memiliki Letter Of Acceptence/ Admission Unconditional (LOA) dari perguruan tinggi peringkat utama dunia untuk melanjutkan jenjang master atau doctoral dengan skema satu gelar program untuk magister (single dagree) yang berdurasi selama 24 bulan dan satu gelar untuk program doctoral (single dagre) yang berdurasi selama 60 bulan. Nah kalo teman teman semua ada yang berminat silahkan di persiapkan ajja yah.

Adapun syarat syaratnya untuk bisa apply di beasiswa ini adalah sebagai berikut:

Persyaratan umum

Warga Negara Indonesia

Telah menyelsaikan Program Strata Satu (S1) atau D4 untuk program Master dan telah menyelesaikan program Master (S2) unutk jenjang Doctoral

Tidak sedang (ongoing) atau telah menempuh Study Degree atau non degree program Master dan program Doctoral baik itu Perguruan Tinggi Dalam Negeri maopun Luar Negeri

Melampirkan Surat Rekomendasi dari akademisi ataupun dari atasan bagi yang sudah bekerja dan dua orang akademisi bagi yang belum bekerja

Mengisi form pendaftran dan data diri secara online

Menulis personal statement

Menulis Proposal Study untuk jenjang Magister dan proposal penelitian untuk jenjang Doctoral

Menulis komitmen kembali ke Indonesia setelah berakhirnya Study Magister maopun Doctoral


Persyaratan Husus

Melampirkan Letter Of Admission/Acceptance Unconditional

Pendaftar beasiswa PTUD yang telah di tetapkan menerima beaiswa tidak bisa mengajukan perpindahan perguruan tinggi dan program study tujuan.

Bersedia menanda tangani surat pernyataan ( format sesuai terlampir dari LPdP)

Memenuhi ketentuan batas minimal usia pendaftar pertanggal 31 desember yaitu 35 tahun untuk magister dan 40 tahun untuk jenjang doctoral pada tahun tersebut.

Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih beraku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) PTE Academic ATau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan pendaftar Magister luar negri skor TOEFL IBT 80, PTE Academic 58 atau IELTS 6,5 dan program Doctoral score minimal kemampuan Bahasa Inggrisnya TOEFL IBt 94, PTE academic 65 dan score IELTS 7,0

Mengunggah Surat Keterangan menunda memulai study dari Perguruan Tinggi perangkat utama dunia ke tahun 2021 bagi pelamar yang memiliki LOA  dengan waktu mulai study pada tahun 2020


BEASISWA UNTUK PENDIDIK 

Adalah beasiswa Magister yang di peruntukkan bagi guru tetap yang berada di bawah naungan Dinas Pendiidkan Dan Kebudayaan serta jenjang Doctoral bagi Dosen tetap pada Perguruan Tinggi yang berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan dan Kementrian Agama Republik Indonesia untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas guru dan dosen sesuai kebutuhan strategis Indonesia. Adapun Persyaratan Umum yang harus di persiapkan hampir sama dengan yang di atas namun ada sedikit penambahan yaitu:

Perguruan Tinggi Dalam Negeri terakeditasi BAN-PT, Perguruan Tinggi Kedinasan dalam negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang di akui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia atau kedutaan Republic Indonesia

Persyaratan Husus 

Mengunggah surat izin mendaftar beasiswa dari dari pimpinan  Perguruan Tinggi bagi dosen tetap Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Suwasta.

Mengunggah Surat Izin mendaftar dari Kepala Sekolah atau pimpinan sekolah untuk pendafatr asal guru tetap

Memenuhi batas usia pendaftar per 31 Desember ditahun pendaftaran, untuk jenjang Magister batas usia paling tinggi 40 tahun dan untuk jenjang Doctoral 47 tahun.

Mengunggah Indek Prestasi Komulatif (IPK) dengan ketentuan 3,0 sekurang kurangnya untuk jenjang Magister dan 3,2 untuk jenjang Doctoral dengan pembuktian Transkrip Nilai asli atau yang sudah di legalisir. Dan husus untuk jenjang Doktoral dari program magister penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari Perguruan Tinggi asal.

Untuk sertifikat kemampuan Bahasa Inggris, Program Magister Dalam Negeri TOEFL ITP 450, TOEFL IBT 45, PTE Academic 36, IELTS 5,0 dan tujuan Doctor dalam negeri score minimal TOEFL ITP 500, Score TOEFL IBT 61, PTE Academic 50, IELTS 6,0.


Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "MEMUPUK ASA DENGAN BEASISWA LPDP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020