MENGAJAR ( Memahami dan Melawan Emosi

MENGAJAR ( Memahami dan Melawan Emosi
Jumat, 23 Oktober 2020


Memahami Keadaan dan Kenyataan

Mengajar

Mengajar merupakan buah karya untuk memberikan efek positif kepada orang lain dan bisa menimbulkan rasa ingin tahu terhadap sesuatu. Mengajar tidak hanya untuk mengasah otak dan pemikiran tetapi juga untuk membuat rasa lebih bermakna terhadap kenyataan. Mengajar itu gak perlu harus dengan hal hal yang bernuansa sepesific tapi lebih mengarah kepada pemahaman terhadap apa yang ingin kita sampaikan kepada orang lain. Mengajar butuh ide, mengajar itu butuh kerangka, mengjar itu juga butuh pengetahuan. Kita gk akan paham terhadap apa yang akan kita ajarkan jika tidak dilandasi dengan pemahaman baik itu secara kontekstual maopun yang berdasar pada apa yang kita lihat dan rasakan pada hal hal yang bersifat nyata.

Baca juga : MEMUPUK ASA DENGAN BEASISWA LPDP

Namun terkadang kita juga tidak sadar bahwa kemampuan mengajar sering kali tergantung terhadap keadaan dan karakter orang orang yang akan kita ajarkan. Mereka bisa saja  tidak bisa memahami karna kita tidak berusaha memahami cara mengajar kita yang kita sesuaikan dengan apa yang terjadi sama mereka. Apa yang kita alami dan apa yang akan kita ungkapkan haruslah berdasar terhadap bagaimana cara kita memandang dan bagaimana kita menemukan cara yang positif agar mereka bisa masuk dan mendapatkan pemahaman yang secara akal bisa mereka terima.

Kenyataan dan penderitaan yang di alami anak anak merupakan sebuah alasan kuat keterlambatan mereka untuk bisa paham  akan proses itu. Disatu sisi mereka harus berjuang untuk hidup mereka dan juga untuk mempertahankan apa yang mereka rasakan sebagai langkah untuk mereka menuntut dan belajar. Disisi lain mereka harus melawan rasa untuk bisa mendapatkan bagian bagian dari cara untuk memperbaiki kehidupan yang mereka alami baik secara kontekstual maopun dengan cara mereka berinteraksi terhadap alam dan lingkungan sekitar.

Baca juga : CINTA SANG PENDIDIK

Mengajar itu ternyata adalah sebuah Seni dan Karya terindah untuk bisa membuat orang lain berubah. Mengajar itu adalah keadaan dimana kita bisa mengambil sikap untuk menentukan cara terbaik untuk mereka agar mereka tersenyum dan mampu membuat masalah mereka menjadi lebih tertata rapi dan bisa membuat mereka untuk berfikir lebih tenang dan konsekuen

Melawan Emosi

Perasaan itu biasanya tertuang ketika kita tidak mampu mengendalikan kenyataan. Perasaan itu biasanya melawan disaat satu demi satu harapan kita, kita tidak tertata dan tidak bisa kita rangkaikan dengan baik. Sarana terbaik untuk mengendalikan itu adalah berusaha bersahabat dengan keadaan dan materi. Ketika materi sudah mampu kita tuangkan dengan baik dan bijak maka perlahan lahan amarah itu akan menghilang dengan sendirinya. Dan di saat keadaan juga mampu kita hayati dengan hati maka itu juga akan menjadi sebuah metode yang bisa membuat efek kita lebih kuat dan lebih terlihat. 

 Rasa yang kuat akan bisa menimbulkan keinginan yang kuat juga, begitupun Emosi saat kita mengajar bisa dihilangkan dengan keinginan kuat untuk memberikan mereka sesuatu yang lebih baik yang bisa membawa kepada perubahan dan perbaikan. Angan angan dan cita cita mereka yang tinggi bisa membuat kita tak berdaya untuk menghilangkan keinginan mereka dalam mencapai itu walaopun sesunguhnya kita terkadang dihadapkan dengan berbagai rintangan dan hambatan. Selalu tidak bisa lepas rasa jenuh dari kita selalu tidak hilang rasa malas yang kadang kala bisa membuat kita dan mereka yang kita ajarkan mendapatkan sesuatu yang kurang menyenangkan .

Baca Juga : MADRASAH AKIDAH DAN AKHLAK

Meredam asa di pinggiran nurani sebutan pas untuk menghilangkan ego demi kepentingan dan keinginan untuk bisa merangkak kearah yang lebih terarah dan lebih terukur nantinya. Mereka juga yang kita ajar memendam hasrat tinggi namun tak bisa terungkapakan dengan sendirinya karna harus bertabrakan dengan emosi dan rasa. Seorang guru harus mampu terbuka dan mampu mengesampingkan segala  hasrat lain demi perjuangan untuk anak anak bangsa di era mendatang.

Karna tujuan sesungguhnya seorang Guru adalah menghidupkan pemikiran yang beku dan tidak normal dan berusaha unutk membuat manusia berfungsi sesuai kodratnya manusia.
Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "MENGAJAR ( Memahami dan Melawan Emosi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020