Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Jumat, 20 November 2020

Pengetin Pendiidkan Anak Usia Dini


Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahapan proses awal Pendidikan pada anak dengan umur dibawah Sekolah Dasar yaitu dari 0 sampai dengan 6 tahun untuk memberikan dan menanamkan karakter serta keperibadian dalam rangka menumbuh dan memberikan perkembangan jasmani dan rohani.  Pada proses ini anak anak akan di berikan pembelajaran yang diiringi dengan bermain, bercanda, bernyanyi serta menggunakan metode yang mudah diterima dan menjurus terhadap perkembangan anak untuk memiliki pengetahuan dasar. Pembelajaran pada anak usia dini ini kebanyakan dihadirkan dengan cara bermain sebagai upaya dalam memberikan pembelajaran yang bernuansa dan bertumpu pada bagaimana merangsang perkembangan mereka terhadap pendidikan yang berkarakter, mampu berexplorasi serta mampu berinteraksi dengan teman teman mereka. Pendidik pun juga harus mampu dan memiliki kesadaran kuat terhadap apa yang mereka butuhkan dimasa masa usia ini, mereka lebih banyak bermain, bernyanyi dan juga harus bisa menyesuaikan keadaan mereka ketika sedang belajar.ataupu sedang melakukan aktivitas lain diwaktu pembelajaran. Lingkungan sekolah yang baik, tata kelola yang indah dan sehat serta klasifikasi pendidik yang kompeten juga akan sangat berperan penting dalam proses perkembangan mereka. 

Baca Juga : Kalender Pendidikan 2020 / 2021 Madrasah Terbaru

Pentingya Pendidikan Pada Usia Dini

Peranan penting pada tahapan ini adalah penanaman karakter dan budi pekerti sejak usia dini yang diawalai dengan cara belajar sambil bermain dan bernyanyi dengan tujuan untuk mengenalkan lingkungan lingkungan yang berpengaruh terhadap perkembangan mereka nantinya. Anak anak pada usia ini adalah usia sentral dan masa keemasan sebagai penentu perkembangan mereka dalam menumbuhkan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi kedepanya baik itu global maupun kearah yang lebih luas. Disamping itu hal yang paling penting adalah penanaman mental unutk membina dan mendidik mereka yang berpengaruh pada cara berfikir dalam pengingkatan prestasi belajar, produktivitas serta etos kerja nantinya ketika mereka sudah tumbuh dan berkembang pada usia yang lebih lanjut dalam menempuh kehidupan dan pendidikan yang lebih tinggi.

Pendidikan anak pada usia dini adalah cerminan awal yang akan memberikan resonansi kehidupan dimasa mendatang sebagai bentuk dari pendidikan yang mereka tempuh dan memberikan expektasi pada layanan yang mereka terima dengan baik yang bisa menunjang dan mempengaruhi kehidupan mereka pada level yang selanjutnya. Anak anak yang menerima layanan pendidikan dengan baik sejak awal akan sangat berbeda baik dari segi fisik. Kesehatan dan cara berpikir serta mereka mampu mengimplementasikan apa yang mereka dapatkan dlam rangka memberkan dan menciptkan karya yang bermanfaat dimasa mendatang.dan mampu menghidupkan pola fikir mereka untuk merumuskan hal hal yang positif dan membawa kemanfaatan bagi orang lain keluarga dan masyarakat baik itu diingkungan tempat tinggal mereka maupun untuk bangsa indonesai secara universal.

Baca Juga : Kalender Pendidikan 2020 / 2021 SMA / SMP /SD 

Oleh karenanya Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini tidak hanya mengajarkan cara berhitung, cara menulis maopun membaca tetapi juga sebagai wadah dimana mereka bisa merasakan masa masa emas untuk menyalurkan keinginan mereka dalam konteks bermain sambil belajar. Karna biar bagaimanapun pendidikan awal ini akan sangat berpengaruh pada proses perkembangan mereka baik secara fisik maopun secara mental untuk kelangsungan pendidikan mereka dimasa masa mendatang. 

Pendidikan anak usia dini ini adalah sebagai persiapan awal untuk membangun dan merangkai beragam jenis intelektualitas dasar pada anak anak dibawah umur sekolah dasar sekaligus sebagai gerbang pertama untuk melatih mereka mengenal bahasa dan mengenal kosa kata serta mempu memberikan efek positif pada perkembangan otak mereka untuk bisa berkarya sebagai hasil lanjutan dari pendidikan mereka di tingkat perkembangan selanjutnya. Pelatihan emosional juga sangat penting sekali sebagai bagian dari proses penumbuhan rangkaian intlektual mereka. 

Hal berikutnya yang sangat penting untuk dipahami adalah jangan sampai para orang tua berfikir bahwa pendidikan anak pada usia dini ini tidaklah penting, namun kita juga tidak bisa kesampingkan bahwa banyak anak anak di usia ini juga enggan dan tidak mau untuk mengenyam pendidikan, mereka lebih suka diam dan tinggal dirumah bersama keluarga mereka, bermain bersam ayah dan budanya. Akan tetapi hal itu tidak akan cukup untuk memberikan layanan pendidikan yang maksimal karan mereka tidak akan mendapatkan pendidikan seutuhnya.


Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020