P3K (Pengangkatan Pegawai dengan Perjanjian Kerja) Guru Honorer

P3K (Pengangkatan Pegawai dengan Perjanjian Kerja) Guru Honorer
Kamis, 03 Desember 2020

 

Ulasan Tentang P3K

P3K (Pengangkatan Pegawai dengan Perjanjian Kerja) Guru Honorer

P3k (Pengangkatan Pegawai Dengan Perjanjian Kerja)  adalah pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh pejabat Pembina kepegawaian sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah dan  ketentuan undang undang. Jadi , pengangkatan pegawai P3K ini adalah ASN tapi dengan dasar adanya perjanjian kerja dari pihak pemerintah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai dengan aturan perundang undangan Republik Indonesia

P3K adalah pegawai  ASN yang setara dengan PNS hanya saja tidak mendapatkan tunjangan  pensiun di hari tua seperti yang diterima oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara keseluruhan akan tetapi untuk Gaji, Tunjangan Profesi dan tunjangan tunjangan yang lainya juga didapatkan oleh Guru P3K sehingga bisa dikatakan ada kesetaraan dari sisi jabatan dan juga pendapatan gaji dan tunjangan yang lain selain dari tunjangan Pensiun. Oleh karenanya Bapak ibu guru Honorer diseluruh Indonesia segera siapkan diri dan tetap ikuti perkembangan informasi terbaru mengenai pengangkatan P3k untuk tahun 2021 dan jangan lupa bapak ibu siapkan juga persyaratan persyaratan yang harus disiapkan untuk mendaftar guru P3k.

Syarat syarat dan Alur Pendaftaran P3K

Syarat Syarat P3K

Dalam perkembanganya Menteri Pendidikan menyebutkan  bahwa pada pengangkatan guru P3K di tahun 2021semua guru Honorer di seluruh Indonesia baik yang mengabdi di Sekolah Negeri maopun di Sekolah Swasta  berhak mengikuti seleksi penerimaan guru P3k dengan satu juta formasi, maksudnya adalah diberikan kesempatan dengan jumlah tersebut namun akan diproses lagi sampai dengan adanya jumlah yang lulus dan diterima misalnya 500 ribu atau 400 ribu yang lulus maka itulah jumlah yang diterima. 

Dalam penyeleksian dan penerimaan Guru P3K kita bisa mengikuti pendaftaranya lebih dari satu kali. Apabila pada tahapan pertama tidak lulus maka bisa mengikuti untuk tahapan berikutnya dengan persiapan yang lebih matang. Selanjutnya dalam rangka persiapan untuk mengikuti seleksi pendaftaran p3k akan diberikan materi sebagai upaya persiapan yang disipakan oleh pihak pemerintah yang tidak diadakan sebelumnya pada tahun tahun yang terdahulu dengan tujuan agar guru Honorer di seluruh Indonesia memperoleh kesempatan dan keadilan . 

standar ujian P3K ini akan ditentukan dan dipersiapkan dengan sangat matang untuk memastikan mutu dan sumber daya manusia dan kualitas mutu pembelajaran anak anak dan siswa dimasa masa yang akan datang  dan tetap terjaga dan menghasilkan lulusan lulusan yang mandiri dan berprestasi serta mampu berkontribusi untuk masyarakat dan Indonesia secara keseluruhan. 

Adapun untuk syarat syarat dalam mengikuti penyeleksian guru P3k agar pelamar bisa lolos dan setiap persyaratan ini pun akan mengacu pada jenis jabatan yang diikuti seperti guru, Dosen, tenaga Kesehatan dan yang lainya. Untuk abdate terbarunya masih belum rilis tapi mungkin juga akan ada kesamaan seperti  tahun tahun sebelumnya. Adapun untuk Syarat syaratnya adalah sebagai berikut: 

  1. Warga negara Indonesia
  2. Merupakan tenaga honorer 
  3. Batas usia maksimal yaitu 59 tahun per  1 april 2020
  4. Pendidikan terakhir S1/D4 program studi atau jurusan dengan mata pelajaran yang ada pada kurikulum
  5. Menanda tangani surat pernyataan bersedia ditempatkan disekolah negeri kabupaten atau kota atau provinsi sesuai wilayah tempat mengajar berdasarkan kebutuhan  guru dan pemerintahan saat ini.
  6. Aktif mengajar sampai pendataan PPPK dibuka dan dibuktikan dengan surat tugas dari kepala sekolah atau kepala dinas yang berisikan informasi berikut:

  • NUPT/NIK
  • Nama
  • Tempat dan tanggal lahir 
  • Nama Sekolah
  • Mata Pelajaran 
  • Kabupaten/kota/provinsi

Alur Pendaftaran P3K

Nah untuk alur pendaftaranya untuk yang terabdate masih belum dirilis akan tetapi tidak ada salahnya kalau kita mengacu pada alur pendaftaran yang mengacu pada tahun sebelumnya. ini dia Alurnya.

Pembuatan Akun melalu laman resmi sscasn.bkn.go.id

Pelamar memilih menu PPPK atau ssp3k.bkn.go.id  melakukan registrasi dan mengisi data yang diperlukan yaitu sebagai berikut:

1. Nomor peserta ujian K-II

2. Tanggal lahir

3. Nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (NIK), atau NIK kepala keluarga

4. Alamat email aktif beserta password nya dan 

5. Pas foto ukuran minimal 120 KB dan maksimal ukuran 200 KB dengan format jpg, atau jpeg

6. Mencetak informasi akun setelah semua data terisi

7. Melakukan login dilaman SSP3K dengan NIK dan dengan password yang sudah terdafta

8. Melengkapi data yang diperlukan 

9. Foto diri sambil memegang kartu akun dan KTP

10. Memilih jabatan dan melengkapi riwayat pendidikan

11. Melengkapi biodata

12. Mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai yang disyaratkan instansi

13. Memeriksa data yang sudah diisi pada form resume

14. Mencetak kartu pendaftaran 

15. Menunggu tim verikavikator dan pelamar yang lolos seleksi administrasi akan memperoleh kartu ujian sebagai syarat menuju ke tahapan berikutnya

16. Panitia seleksi akan mengumukan kelulusan pelamar disetiap instansi.



Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "P3K (Pengangkatan Pegawai dengan Perjanjian Kerja) Guru Honorer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020