AKM :Assessment Kompetensi Minimum

 AKM :Assessment Kompetensi Minimum
Sabtu, 05 Desember 2020

 Pengertian  dan  Ulasan

AKM :Assessment Kompetensi Minimum

Assessment Kompetensi Minimum atau yang dikenal dengan AKM akan dilaksanakan pada pertengahan jenjang satuan pembelajaran, misalnya pada sekolah dasar di selenggarakan di kelas 3, kelas 8 pada sekolah menengah dan kelas 11 pada tingkatan SMA atau ALIYAH. Assessment kompetensi minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Artinya. pada proses dan hasilnya yang menjadi dasar dari assessment ini adalah kemampuan dan bakat dasar yang dimiliki siswa dan mampu unutk dikembangkan lagi serta diinterpretasikan kedalam kehidupan yang berhubungan dengan dunia nyata yang mereka hadapi ataopun terkait dengan dunia sekolahan yang mereka jalani. Pada konsep dasarnya assessment ini bisa dijadikan sebagai langkah atau cara untuk menumpahkan dan mengeluarkan kemampuan dasar mereka untuk mampu di proses apaun jenis materi pelajaranya, apapun mata pelajaranya serta apapun bentuk kegiatanya. 

Jadi tidak harus menguasai isi materi, tidak harus menguasai seluruh mata plajaran dan itdak harus menguasai content content tertentu pada sebuah mata pelajaran atau materi pembelajaran. Kompeteni assessment minimum adalah bagian dari Assessment yang diwancanakan oleh menteri pendidikan  untuk mengganti Ujian Nasionnal pada tahun 2021 yang rencananya akan di mulai pada bulan Agustus pada tahun tersebut. Ini juga bagaian dari penyederhanaan kurikulum dan akan mengganti Ujian Nasional yang akan dihapus yang dirasa begitu kompleks dan sangat membebani semua kalangan intern sekolah baik itu guru, siswa bahkan juga membuat beban besar bagi semua orang tua.

Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup: keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beraneka ragam konteks yang diharapkan mampu dan bisa diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi dan kemampuan literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi dan kemampuan dasar secara mendalam, tidak hanya untuk penguasaan konten dan isi, Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks tertulis. Tentu untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, juga untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 

Kriteria kriteria AKM

Kemampuan Literasi 

Literasi kalau merajuk atau mengacu pada definisinya adalah kemampuan seseorang dalam mengolah  dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Namaun menurut pak menteri pendidikan bahwa kemampuan Pada literasi ini tidak hanya kemampuan mengolah dan memahami tetapi juga kemampuan untuk menganalisa dan menghayati makna yang terkandung serta mampu untuk memahami konsep yang ada pada bacaan tersebut. Banyak hal yang harus kita lakukan dalam upaya mencapai kemampuan dalam memahami litrasi ini baik yang bersifat internal dalam bacaan itu sendiri maopun yang bersifat eksternal. Internal merupakan hal hal yang menyangkut tatanan bahasa dalam bacaan tersebut.

Kemampuan Numeral (Matematika)

Numerasi adalah kemampuan berpikir, menganalisa serta mampu menyelesaikan masalah masalah menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika. Pada bidang ini bisanya terkait dengan kemampuan menghitung dan merumuskan serta menyelesaikan permasalahan terkait unsur yang ada pada proses dan konsep pada matematika atau menghitung baik itu berupa angka angka maopun symbol symbol yang digunakan dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari hari. 




Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk " AKM :Assessment Kompetensi Minimum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020