Ketimpangan Sosial (SOSIOLOGI XII)

 Ketimpangan Sosial  (SOSIOLOGI XII)
Rabu, 06 Januari 2021

Konsep Ketimpangan Social 

Ketimpangan Social

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang Multikultiral. Masih ingatkah kita semua definisi dari masyarakat Multikultural? Menurut Furnivall, masyarakat Multikultural merupakan suatu masyarakat yang terdiri dari dari dua elemen atau lebih yang hidup senidiri sendiri tanpa ada pembauran satu sama lain dalam suatu kesatuan politik (Nasikun, 2012). Adapun factor yang mempengaruhi terbentuknya Multikultural adalah Kondisi Geografis, Pengaruh budaya asing, dan factor alam lainya. 

Keberagaman status dan kedudukan masyarakat dapat menimbulkan Ketimpangan Sosial. Apakah pengertian dari Ketimpangan Sosial itu? Ketimpangan Sosial merupakan ketidak adilan dalam masyarakat yang dilihat dari status atau kedudukan social. Masih ingatkah kita apa makna dari status soial itu? Status social (kedudukan social) diartikan sebagai posisi seseorang dalam suatu kelompok social yang berhubungan dengan  orang lain dalam kelompok tersebut (Narwoko, 2010).

Berdasarkan uraian diatas dapat kita pahami bahwa Ketimpangan Sosial yang terjadi dimasyarakat dapat dilihat dari Status Sosial. Sebagai contohnya adalah orang kaya semakin kaya,sementara tingkat kemiskinan semakin meningkat. Adanya ketimpangan merupakan hasi dari ketidak berhasilan konsep pembangunan yang berorientasi pada pertumbuhan. 

Ketimpangan sosial yang terjadi di Indonesia telah menjadi permasalahan yang sangat kompleks. Ketimpangan Social merupakan masalah kehidupan social yang didalamnya terdapat hubungan social  antarmasyarakat dan hubungan antara masyarakat dengan pemimpin negara. Sebagai contoh ketimpangan social adalah kemiskinan dan ketimpangan tersebut terjadi karena adanya hubungan yang tidak harmonis. 

Hubugan social yang terjadi secara harmonis dimasyarakat dapat menumbuhkan kedekatan karena adanya manfaat bersama dan saling menguntungkan. Oleh karena itu, ketimpangan yang terjadi di Indonesia dapat dikarenakan karena ketidakharmonisan, adanya komunikasi yang tidak baik antar masyarakat, kondisi ekonomi masyarakat serta berbagai factor lainya. 

Ketimpangan yang diartikan sebagai persoalan dalam masyarakat dapat menimbulkan permasalahan social, seperti kecemburuan social, urbanisasi, kemiskinan, tindakan kriminalitas serta yang lainya. Oleh karena itu kita harus saling menghargai dan menghormati adanya perbedaan didalam masyarakat agar tidak menimbulkan masalah masalah seperti adanya ketimpangan social. 


Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk " Ketimpangan Sosial (SOSIOLOGI XII)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020